Rabu, 29 Agustus 2012

LABORATORIUM KULTUR JARINGAN YPAM BOYOLALI


Saat ini Yayasan Pengembangan Akhlaq Mulia (YPAM) Boyolali sedang mengembangkan Laboratorium Kultur Jaringan Skala Rumah Tangga. Ini merupakan lanjutan dari Program Reforestration & Education On Environment Safe Action in Merapi (REEACT-MERAPI ). Laboratorium ini dipersiapkan untuk alternatif penyediaan bibit tanaman  secara modern yang akan ditanam di daerah dampingan YPAM yang merupakan daerah tangkapan dan resapan air.

Laboratorium ini diresmikan pada 21 Juni 2012 oleh kepala pabrik PT. Tirta Investama Danone Aqua Klaten Bapak Budi Hartono. Sampai saat ini Laboratorium ini sudah melakukan perbanyakan tanaman Gaharu, Pisang Cavendis, Nanas, Sengon Solomom, Pepaya Red Lady, Anggrek Cattleya, Nephentes, dan tanaman hias lainnya.  
Kultur jaringan merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif. Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun, mata tunas, serta menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan secara aseptik yang kaya nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah tertutup yang tembus cahaya sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri dan bergenerasi menjadi tanaman lengkap.
Metode kultur jaringan dikembangkan untuk membantu memperbanyak tanaman, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif. Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mempunyai sifat yang identik dengan induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga  tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional. 
Tahapan yang dilakukan dalam perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan adalah:
1)
    Pembuatan media
2)
    Inisiasi
3)
    Sterilisasi
4)
    Multiplikasi
5)
    Pengakaran
6)
    Aklimatisasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar